Komunikator Politik

Komunikator Politik adalah orang (lembaga atau institusi) atau sekelompok orang (partai politik) yang menyampaikan pesan politik kepada khalayak komunikan, dengan tujuan untuk mendapatkan efek politik yang diinginkan dan juga mendapatkan umpan balik (feedback).
            Menurut Dann Nimmo, komunikator politik, terklasifikasi sebagai berikut:
1.      Politisi
Politisi adalah orang-orang yang terlibat dalam sistem politik. Politisi juga terklasifikasi lagi menjadi dua bagian, yaitu:
a)      Politisi Ideolog
Politisi ideolog adalah orang-orang yang dalam proses politik, lebih memperjuangkan kepentingan bersama.
Contoh:
b)      Politisi Partisan
Politisi partisan adalah orang-orang yang dalam proses politik, lebih mementingkan kepentingan kelompoknya atau partai politiknya.
2.      Profesional
Profesional adalah orang-orang yang mencari nafkah atau uang dengan berkomunikasi, karena keahliannya berkomunikasi. Komunikator profesional mencakup:
a)      Jurnalis / Wartawan
Jurnalis atau wartawan, adalah mereka yang bekerja dengan cara melaporkan berita di media massa. Dalam pelaporan beritanya tersebut, seorang jurnalis, bisa membangun citra baik ataupun citra buruk, pada seorang politikus.
b)      Promotor
Promotor adalah orang yang dibayar untuk mengajukan kepentingan tertentu. Promotor juga bisa disebut sebagai agen publisitas.
c)      Aktivis
Aktivis adalah komunikator utama yang bertindak sebagai saluran organisasional dan interpersonal.
3.      Pemuka Pendapat
Pemuka pendapat (opinion leader) adalah seorang pemimpin atau tokoh masyarakat yang memiliki status, kedudukan dan pengaruh sehingga pendapatnya dihormati dan dijadikan pegangan bagi warga masyarakat dalam melaksankan kehidupan bernegara. Tugas dari pemuka pendapat adalah untuk menyeleksi pesan politik. Karena tugasnya tersebut, pemuka pendapat memiliki tiga peranan, yaitu:
1.      Mempengaruhi keputusan orang lain
2.      Meyakinkan orang lain kepada cara berpikir mereka
3.      Meneruskan informasi politik dari media ke masyarakat.
Sama halnya dengan kedua komunikator politik sebelumnya, pemuka pendapat terdiri dari:
a)      Tokoh Masyarakat
Tokoh masyarakat adalah tokoh-tokoh yang dihormati dan disegani oleh warga masyarakat sekitar. Misalnya, seperti ketua RT, ketua RW, pensiunan polisi atau tentara atau guru, dan juga sesepuh.
b)      Tokoh Adat / Suku
Tokoh adat / suku adalah tokoh-tokoh yang dihormati, karena memiliki kedudukan  istimewa dan khusus dalam adat atau suku.
c)      Tokoh Agama
Tokoh agama adalah orang yang dihormati atau disegani, karena dianggap memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tinggi tentang agama, seperti kiai, ulama, dan pendeta.
d)     Keluarga atau Orang Tua
Keluarga atau orang tua adalah orang-orang yang dihormati karena hubungan saudara atau sedarah, baik dalam segi usia maupun kedudukannya dalam keluarga, seperti: orang tua, kakek atau nenek, kakak, dan paman atau bibi.
Seorang komunikator politik, harus memiliki beberapa komponen dibawah ini, agar dalam melakukan penyampaian pesan politik kepada khalayak politik, berjalan secara efektif. Komponen-komponen tersebut, terdiri dari:
1.      Kredibilitas
Seorang komunikator politik, harus memiliki kredibilitas atau kepercayaan dari para khalayak komunikan. Karena, semakin seorang komunikator memiliki kredibilatas yang tinggi, penyampaian pesan politiknya akan semakin efektif.
2.      Daya Tarik
Seorang komunikator harus memiliki daya tarik dalam menyampaikan pesan politik. Daya tarik tersebut bisa berasal dari, penampilan fisik yang bersih, gaya bicara yang lugas, sifat pribadi, keakraban, kinerja, keterampilan komunikasi dan perilakunya.
3.      Kesamaan
Biasanya, komunikasi bisa terjadi secara efektif, karena antara komunikator dan komunikan terdapat kesamaan, baik dalam hal kebutuhan, harapan dan perasaan.
4.      Kekuatan / Power
Seorang komunikator harus memiliki kekuatan atau power, karena dengan adanya kekuatan seorang komunikator, bisa dapat dengan mudah merubah pola pikir khalayak komunikan, sehingga mendapatkan efek politik yang diharapkan. Kekuatan atau power, bisa didapatkan oleh seorang komunikator melalui uang dan massa yang banyak.


Komentar

Postingan Populer